Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik, perlu diberikan akses kepada pengguna layanan / masyarakat untuk menyampaikan keluhan, informasi, ketidak puasan, dan/atau aspirasi dari masyarakat terkait pelaksanaan pelayanan publik di Politeknik KP Sidoarjo.
Pelaksanaan kegiatan survei kepuasan masyarakat secara umum sangat diperlukan untuk mengetahui masalah dan kekurangan dan sekaligus mencarikan solusi, inovasi dalam memberikan pelayanan publik. Prinsip dasar pengelolaan pelayanan publik di Politeknik KP Sidoarjo antara lain :
1. Mengetahui kebenaran isi standar pelayanan;
2. Mengawasi pelaksanaan standar pelayanan;
3. Mendapat perlindungan dan/atau pemenuhan pelayanan;
4. Mendapat pelayanan yang berkualitas sesuai dengan asas dan tujuan pelayanan
5. Memberitahukan kepada petugas untuk memperbaiki pelayanan apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan.
6. Melakukan perbaikan dan inovasi pelayanan secara terus menerus dan berkelanjutan berdasarkan pada saran, masukan, dan pengaduan dari masyarakat.
Sejalan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut maka diperlukan adanya survey kepuasan masyarakat. Survei kepuasan masyarakat dilakukan setiap tahun sekali menggunakan perangkat kuisioner yang disebarkan kepada seluruh pengguna layanan terkait dengan layanan penerimaan taruna baru Politeknik KP Sidoarjo yang pelaksanaannya dilakukan secara rutin setiap tahun pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus tahun berjalan.
Tujuan dari survey kepuasan masyarakat terhadap kegiatan pelayanan public penerimaan taruna baru di Poltek KP Sidoarjo adalah ingin mendapatkan data aktual guna mengetahui sampai sejauhmana pelaksanakan kegiatan pelayanan secara keseluruhan, pada bagian mana yang sudah berlangsung secara baik dan kegiatan apa yang masih kurang, sehingga kekurangan tersebut segera direkomendasikan dan ditindaklanjuti sebagai perbaikan kegiatan selanjutnya. Hasil survey kepuasan masyarakat akan ditindak lanjuti sebagai dasar untuk perbaikan dalam upaya meningkatkan kwalitas pelayanan publik.
Kegiatan pelaksanaan survei kepuasan masyarakat terhadap layanan penerimaan taruna baru Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo menyasar 411 responden yang memiliki usia 17-20 tahun dengan aspek peniaian meliputi Aspek Kebijakan Pelayanan, Aspek Profesionalisme SDM, Aspek Sarana dan Prasarana, Aspek Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Aspek Konsultasi dan Pengaduan.
Berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat yang telah dilakukan terhadap produk layanan penerimaan taruna baru Politeknik Kelautan Perikanan Sidoarjo T.A. 2019/2020, diperoleh nilai total Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 91 (Sembilan Puluh Satu). Nilai ini merupakan nilai yang sangat tinggi, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan telah dilakukan dengan sangat baik sehingga bisa dikategorikan “Tingkat kepatuhan yang tinggi terhadap standar pelayanan publik”.
Pelaksanaan layanan penerimaan taruna baru Politeknik KP Sidoarjo yang sudah dilakukan dengan sangat baik agar dipertahankan, kualitas pelayanan terus di tingkatkan dengan melakukan upaya-upaya perbaikan dan inovasi pelayanan berkelanjutan.